English  Indonesian

Meningkatkan Publikasi Ilmiah Internasional dan Manajemen Sistem Jurnal Terbuka

   25 November 2017  |    08:12  |     webadmin
Bagikan   
  

Unisda.ac.id, – Lamongan, Universitas Islam Darul `Ulum (Unisda)  Lamongan dalam rangka diesnatalis menggelar “International Seminar On Enhancing International Scientific Publication and Open Journal System Management”. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu Seminar Internasional yang disampaikan oleh Ith Vuthy, M.Sc., M.A., Prof. Silvia Catalan Ambag, Friedr. Dr. dan Prof. Basanta Kumar, M.Com., Ph.D. dan Presentasi dari masing-masing pemakalah yang digelar Jumat (24/11).

Sesi Seminar Internasional ini disampaikan oleh tiga pemateri yang berasal dari luar negeri, Ith Vuthy dari Deputy Director of Seameo Seamolec Cambodia, Prof. Silvia Catalan Ambag, Friendr. Dr. dari Polytechnic University of the Philpines, Prof. Basanta Kumar, M. Com., Ph.D dari Utkal University India dan Dr. Irmayani, S.S., M.Pd.

SONY DSC

Sebelum pemateri mulai menyampaikan materi, acara diwarnai dengan menyanyikan lagu-lagu nasionalisme Indonesia, India, Cambodia, dan Philiphine. Terlihat senyum senang dan kagum dari para pemateri luar negeri ketika mendengar lagu-lagu kebangsaan mereka yang dilantukan oleh mahasiswa unisda yang tergabung dalam Ukm Paduan Suara Gita Maha Santri. Acara ini dibuka oleh Dr. H. K. Prihartono Ah., Drs., S.Sos. S.Kom., MM. dari Presiden Academic International Consortium Indonesia (AIC Indonesia).

SONY DSC

Ith Vuthy dari Deputy Dirctor of Seameo Seamolec Cambodia menyampaikan mengenai bagaimana keterkaitan Seameo Seamolec dengan publikasi jurnal internasional, negara-negara anggota seameo, termasuk indonesia di dalamnya. Ith Vuthy ditengah penyampaian materi dengan bahasa inggris, juga diselingi dengan menyampaikan materi dengan bahasa Indonesia, Ith Vuthy juga mengaku bahwa pernah menempuh pendidikan di Indonesia.

Prof, Silvia Catalan Ambag dari Polytecnic University of the Philpines, menyampaikan materi tentang pentingnya mempublikasikan jurnal penelitian kita, tingkat penelitian, memilih jurnal, dan tips-tips mengenai cara agar penelitian dapat dipublikasikan secara tepat.

SONY DSC

Prof. Basanta Kumar dari Utkal University India menyampaikan materi menganai OJS (Open Journal System), Kualitas dan bagaimana anda dapat mengetahuinya, perbedaan antara open access publishing dan conventional publishing, kemudian Bu Irma, tentang bagaimana agar kita dapat menelaah Grammar dalam penelitian kita.

Sesi pertama ini dakhiri dengan penandatanganan MoU dengan pemateri. Tepat pukul 13.00, acara sesi kedua yakni presentasi dari masing-masing pemakalah dari berbagai universitas dan sekolah tinggi, diantaranya STAI Ma`had Al-Hikam Malang, Pascasarjana Unesa, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Sebelas MAret, STIE, Al Anwar Mojokerto, ITS Surabaya, dan masih banyak lainnya. Acara ini berakhir dan ditutup pada pukul 16.00 di masing-masing tempat pararel yang sebelumnya telah dibagi. (MH. Humas Unisda).




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.