Unisda akan Luncurkan Aplikasi Latihan UNBK di Android

   17 Januari 2018  |    09:51  |     webadmin
Bagikan   
  

Unisda.ac.id, Lamongan- Universitas Islam Darul `Ulum (Unisda) Lamongan menyebutkan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer atau biasa dikenal dengan singkatan UNBK. Unbk dapat dilakukan dengan maksimal dengan menggunakan fasilitas komputer yang cukup banyak (memadai) dan sesuai dengan jumlah siswa yang ada.

“Acara Launching Aplikasi Mobile Latihan UNBK Siswa SMA/MA/SMK ini merupakan salah satu wujud nyata, dari tri dharma perguruan tinggi, dengan adanya aplikasi android ini diharapkan pihak guru dan siswa dapat melakukan simulasi ujian berbasis komputer dengan lebih intens, sehingga siswa memiliki keterbiasaan terhadap unbk”, ujar Ibu Ainul Masruroh Rektor Unisda Lamongan (16/01/18).

SONY DSC

“Melalui acara launching dengan bekerjasama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) ini, kami berharapa dapat saling bekerja sama dalam membangun pendidikan di daerah lamongan untuk lebih baik lagi”, ujar Bapak Musthofa Dekan FKIP Unisda Lamongan.

“Kedepan juga akan ada pendampingan dari pihak dosen, staf IT, dan mahasiswa kami untuk penggunaan aplikasi ini. Kami juga siap untuk menurunkan mahasiswa kami untuk melatih (membina) Teater bilamana dibutuhkan, demi terwujudnya konsistensi kepedulian dalam pengembangan dunia pendidikan” tambah Bapak Musthofa menjelaskan.

SONY DSC

Acara ini dihadiri oleh guru-guru SMA/MA/SMK yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran  (MGMP) lamongan, Dosen Pendamping dari Unisda, Kepala Marketing, Staf IT Unisda, dan Rektor Unisda Lamongan.

“Dengan adanya UNBK Mobile keluaran Unisda ini, Latihan Unbk dapat dalam genggaman tangan menggunakan smartphone berbasis andorid, tanpa harus menunggu punya sarana laboratorium komputer yang memadai,  aplikasi ini dapat juga diakses lewat web-browser” Jelas Salis, salah satu Staf IT BAAKSI Unisda ini.

SONY DSC

Murid tidak perlu untuk memakai komputer, masuk lab komputer, dan menunggu nilai diumumkan. Murid hanya perlu untuk registrasi data siswa, aplikasi ini juga support untuk listening, hanya perlu untuk menggunakan smartphone, dan nilai juga dapat lansung diketahui tanpa menunggu (Real Time), jelas Salis.

Guru juga tidak perlu mencetak soal, mengkoreksi manual, dan setor nilai. Guru cukup import soal format exel, import kunci jawaban, dan akan ada koreksi otomatis. Guru-guru yang tergabung dalam MGMP lamongan ini begitu antusias dan menyambut baik, unbk moile unisda keluaran unisda ini.

UNBK

Ketua MGMP lamongan, mendukung kerjasama ini, mendukung untuk segera melaunching aplikasi ini untuk umum, sehingga dapat dimanfaatkan oleh sekolah manapun. Aplikasi ini bersifat gratis, dan akan segera di buka untuk umum di akhir Januari ini. Aplikasi ini telah ada di Google Playstore dengan kata kunci UNBK MOBILE UNISDA (MH. Humas Unisda).




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.