Dikti Luncurkan Aplikasi Pengecekan Validitas Ijasah

   30 Januari 2018  |    14:44  |     webadmin
Bagikan   
  

Unisda.ac.id, Sivil atau Sistem Verifikasi Ijazah Secara Online (https://ijazah.ristekdikti.go.id/) ini merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah.

Capture

Hadirnya sistem verifikasi ijazah ini berupaya untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pemalsuan ijazah, dan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mudah mengecek keabsahan ijasah dengan cepat, tepat, dan akurat.

Sedangkan PIN merupakan nomor unik yang terdiri dari 14 digit angka berupa kode prodi, tahun kelulusan, dan nomor urut mahasiswa. PIN diperoleh seorang mahasiswa dan berlaku selama masa belajar di perguruan tinggi pada prodi tertentu. PIN disediakan untuk memudahkan pendataan dan analisis statistik lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Sistem penomoran ini dibangkitkan secara otomatis dan dapat diakses oleh semua perguruan tinggi, serta dilengkapi dengan sistem pengaman berupa check-digit. Diharapkan PIN dapat menjadi salah satu solusi untuk pencegahan pemalsuan ijazah sekaligus menjamin keabsahan ijazah Indonesia.

SONY DSC

Langkah-langkah cek Ijazah;

  1. Cek di Sivil (https://ijazah.ristekdikti.go.id/)

   *sudah ada di sivil?

     maka cukup di sivil ceknya.

            *tidak ada? lanjut langkah 2.

  1. Cek di forlap (https://forlap.ristekdikti.go.id/)

* data ada?

   maka ijazah berarti valid ada

*data tidak ada/tidak sesuai?

  hubungi, BAAKSI

@Dasar: Surat Edaran Nomor: 700/B/SE/2017

Download surat edaran

Jika baik di sivil maupun di forlap dikti tidak ada atau data ada yang tidak sesuai, dapat lansung memberi komentar di sini atau lansung menghubungi pihak BAAK Unisda Lamongan. (MH. Humas Unisda)




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.