Seminar Mahasiswa PBA; FAI Unisda

   08 Februari 2018  |    10:58  |     webadmin
Bagikan   
  

Unisda.ac.id, Lamongan – Fakultas Agama Islam Unisda Lamongan menyelenggarakan Seminar dengan mendatangkan Prof. Dr. Abdul  Nasir al-Malibari  dari INDIA sebagai pemateri dengan tema “Peran Bahasa Arab di Peradaban dunia” pada tanggal 08 Februari 2018 di Ruang Auditorium Lantai Tiga Gedung Rektorat Unisda Lamongan.

SONY DSC

“Seminar ini mari kita awali dengan menata niat dengan ihklas untuk menyerap madu-madu ilmu pada seminar ini, yang nantinya dapat bermanfaat bagi mahasiswa secara umum dan khususnya untuk mahasiswa PBA Unisda. tutur Bapak Mahbub yang kini menjabat sebagai dekan FAI Unisda Lamongan.

SONY DSC

Bertindak sebagai pembicara yakni Prof. Dr. Abdul Nasir al-Malibari dengan menggunakan bahasa arab dan diterjemahkan oleh Bapak Agus Anas, LC., M.Pd.i selaku kaprodi pendidiakan Bahasa Arab di Unisda. Untuk menggali esensi dari suatu ilmu pengetahuan dibutuhkan alat yang tepat. Karena al-Qur’an dan al-Hadits menggunakan bahasa Arab maka alat yang tepat untuk memahaminya adalah dengan bahasa Arab juga. Dalam sejarah peradaban Islam, bahasa Arab merupakan unsur penting yang tidak dapat diabaikan. Hal ini sejalan dengan pernyataan pembicara yakni, Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain seperti Bahasa Indonesia, India, Persia, Inggris dan bahasa lainnya. Bahasa Arab merupakan bahasa yang menjadi rukun pokok agama islam.

SONY DSC

Sekitar 20 Negara, disatukan menggunakan bahasa arab, Bahasa Arab juga mempengaruhi tulisan-tulisan bahasa india hingga 75%, tutur beliau ketika menerangkan. Berkembangnya suatu peradaban besar tidak dapat dipisahkan dari bahasa Arab. Majunya peradaban Islam sangat dipengaruhi oleh bahasa Arab. Bahkan, peradaban Barat pun mampu berkembang karena memperhatikan bahasa Arab. Dalam sejarah peradaban Islam, bahasa Arab dikenal oleh penduduk Andalusia pertama kali seiring dengan masuknya Islam ke wilayah tersebut.

SONY DSC

Peradaban Islam telah membuktikan bahwa bahasa al-Qur’an merupakan bahasa dengan nilai sastra yang sangat tinggi. Sehingga para penyair handal pun tidak mampu menandingi sastra al-Qur’an. Keistimewaan bahasa al-Qur’an ini tentu bukanlah suatu kebetulan. Melainkan telah direncanakan oleh Allah SWT yang menurunkan wahyu al-Qur’an kepada umat Islam agar mereka berpikir. Acara ini ditutup dengan tanya jawab, dan pemberian cinderamata dari dekan FAI Unisda kepada pembicara (MH. Humas Unisda).




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.