PPKW Unisda

PPKW (Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) merupakan pusat layanan karir dan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni Universitas Islam Darul Ulum (UNISDA) yang melaksanakan pembinaan, pembimbingan dan pengembangan kegiatan-kegiatan karir dan kewirausahaan mahasiswa.

GAMBARAN UMUM PPKW

Telah banyak kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang telah dilaksanakan di lingkungan UNISDA sejak tahun 2009 seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), khususnya PKM-K (PKM Kewirausahaan); Program Mahasiswa Wirausaha (PMW); Kompetisi Kewirausahaan dan Pameran Produk Kewirausahaan yang diharapkan menjadi jembatan bagi para mahasiswa memasuki dunia real bussiness. Namun kegiatan-kegiatan tersebut belum berada dalam wadah yang matang sehingga belum berjalan secara berkelanjutan. Demikian pula dengan kegiatan pembinaan karir, sangat diperlukan layanan yang kontinu dan terarah untuk mahasiswa dan alumni, sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja.

Untuk dapat memberikan wadah pada kegiatan-kegiatan kewirausahaan dan layanan karir di UNISDA, maka dibentuklah PPKW (Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) pada tanggal 18 September 2015.

PPKW memiliki lima divisi sebagai penggerak organisasi, yaitu :

1. Divisi Pengembangan Karir

Divisi ini memiliki tugas utama melaksanakan tracer study secara terpadu di tingkat universitas. Selain tugas tersebut, tugas lainnya yang bersifat regular adalah melaksanakan bursa kerja (job fair) setahun sekali di Bulan November dan layanan konsultasi karir (online).

2. Divisi Pengembangan Kewirausahaan

Bidang ini memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan berwirausaha bagi mahasiswa seperti mahasiswa pelaksana PMM (Program Mahasiswa Magang), PMW (Program Mahasiswa Wirausaha), serta program training of trainer (TOT) bagi dosen pendamping/ pembimbing kewirausahaan. 

Divisi ini juga menangani mahasiswa wirausaha yang belum mampu mandiri, berupa layanan konsultasi, pendampingan dan pelatihan.  Mahasiswa  wirausaha yang masuk dalam inkubator antara lain alumni pelaku PMW dan PKMK, baik yang belum lulus maupun yang sudah lulus.

3. Divisi  Pengembangan Lembaga

Divisi ini memiliki tugas utama melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan yang dapat menunjang perkembangan dan kemajuannya kegiatan pengembangan karir dan kewirausahaan mahasiswa Unisda, antara lain studi banding, identifikasi produk dan jasa yang berpotensi paten, mengembangkan kurikulum kewirausahaan bagi perkuliahan dan pelatihan, serta membangun sinergi dengan LP2M UNISDA pada kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

4. Divisi Kemitraan

Divisi ini bertugas mengembangkan dan menjalin mitra usaha yaitu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berpotensi dapat bermitra dengan Universitas Islam Darul Ulum. Di samping itu juga mitra dengan lembaga-lembaga karir dan kewirausahaaan lainnya, seperti perusahaan, perbankan, CV pemodalan UKM yang diharapkan akan membantu pengembangan karir dan kewirausahaan di Universitas Islam Darul Ulum.

Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved. Powered By SEVIMA.