Organisasi Kemahasiswaan

Mahasiswa merupakan asset bangsa yang menjadi tumpuan harapan masa depan yang lebih baik. Unisda sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan sarana transfer pengetahuan memahami bahwa mahasiswa perlu lebih daripada penguasaan ketrampilan teknis dan penguasaan materi saja, namun mahasiswa juga membutuhkan soft skills untuk siap terjun ke masyarakat. Oleh karena itu unisda memfasilitasi hal tersebut dengan terbitnya SK Rektor Nomor 0229/UK.2/VIII/2005 yang menyebutkan bahwa organisasi kemahasiswaan adalah wahana untuk memfasilitasi pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian manusia yang bertakwa yang cerdas berdasarkan prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab”.

Hal tersebut sesuai dengan Pasal 2 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998yang menegaskan bahwa “Organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi diselenggarakan berdasarkan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa dengan memberikan peranan dan keleluasaan lebih besar kepada mahasiswa”.

Organisasi Kemahasiswaan Unisda terbagi menjadi tiga bagian utama:

1.    Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM)

Merupakan representasi mahasiswa di tingkat universitas,  mengkoordinasikan kegiatan ormawa universitas juga menjadi badan penyampai aspirasi mahasiswa.

2.    Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)

Merupakan badan mahasiswa yang menentukan garis-garis besar program kegiatan kemahasiswaan di tingkat fakultas,serta menilai dan meminta pertanggungjawaban pengurus BEM fakultas.

3.    Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F)

Merupakan wahana mahasiswa untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan kegiatan ekstrakulikuler. Dan juga sebagai Forum koordinasi kegiatan mahasiswa ditingkat fakultas.

4.    Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler yang bersifat pengembangan keilmuan sesuai dengan program pada jurusan.

5.    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Berfungsi sebagai wahana perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan kegiatan ekstra kulikuler di tingkat universitas yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, kepribadian kemahasiswaan serta pengabdian pada masyarakat

Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved. Powered By SEVIMA.