English  Indonesian

Ratusan Pelajar Ikuti Olimpiade Se-Jawa Timur

   19 Februari 2018  |    08:16  |     webadmin
Bagikan   
  

Unisda.ac.id, Lamongan-Sebanyak 562 putra-putri dari 100 lebih sekolah di Jawa Timur mengikuti OLIMATIK (Olimpiade  Matematika) HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) FKIP Unisda yang ke-XVII. Olimatik ini yang digelar di Universitas Islam Darul `Ulum dengan menggunakan hampir seluruh gedung yang ada (18/02).  Para peserta pada tahap tiga (final) dimasing-masing tingkatannya yakni SD, SMP, dan SMA sederajat sebelumnya telah berhasil menyisihkan lawan-lawannya ditingkatannya masing-masing di tahap I dan II.

WhatsApp Image 2018-02-18 at 10.40.11

Acara ini dibuka lansung oleh Rektor Unisda (Universitas Islam Darul `Ulum) Lamongan, dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dosen-dosen, Panitia Olimpiade, Pendamping dan Peserta baik dari Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Nganjuk dan Surabaya.

SONY DSC

Olimatik ini terbagi menjadi tiga tahapan, yakni Tahapan 1 dan 2 dengan menggunakan soal tulis. Sementara itu, tahapan ketiga merupakan tahapan yang paling menantang, karena kompetisinya lansung berhadapan dengan dosen, hasil jawaban harus dipresentasikan kepada dosen, dan siap untuk menerima pertanyaan yang seketika itu juga harus dijawab, dan hal inilah yang menjadi daya tarik bagi peserta untuk menguji kompetensinya, ujar Luluk Faridah Ketua Jurusan saat diwawancara.

SONY DSC

“Saya diberitahu teman saya yang ada dari sekolah maju Surabaya untuk mengikuti olimpiade ini, karena menurut teman saya soal-soal yang di olimpiade unisda ini sangat kompetitif, beragam, dan memiliki tingkat kesulitan yang menantang” ujar pendamping pemenang olimatik tingkat SMP dari Surabaya.

Hal ini sejalan dengan harapan Ketua Jurusan Pendidiakan Matematika yakni, “Kita ingin mengajak dan mengenalkan kepada masyarakat (sekolah) Jawa Timur bahwa kami memiliki mahasiswa yang berkompeten dalam bidangnya (dalam hal ini Pendidikan Matematika), hal ini karena pembuat soal dan kegiatan olimpiade ini adalah murni dari mahasiswa kami sendiri”.

SONY DSC

“Olimpiade ini merupakan kolaborasi kompetensi Sosial dan Science, dengan adanya kompetisi ini anak akan semakin mengetahui posisi (kompetensinya) dan terpacu untuk menjadikan dirinya kian baik kedepannya” Jelas Dekan FKIP Unisda Lamongan, Mushtofa mengapresiasi Peserta dan Pendamping saat sambutan penutupan.

“Olimpiade ini telah berlansung selama beberapa tahun ini, tahun ini merupakan yang ke-XVII dan merupakan bentuk nyata dari upaya kami untuk mempromosikan Unisda Lamongan, khususnya Pendidikan Matematika”, ujar Ibu Luluk. (MH. Humas Unisda).

 




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.