English  Indonesian

SEKOLAH INSPIRATIF UNISDA LAMONGAN, SEKOLAH KEWIRAUSAHAAN!

   17 Agustus 2017  |    06:35  |     webadmin
Bagikan   
  

SONY DSC

Sebelah Kiri, Sultan ALfathir (Owner Polita Nusantara) dan sebelah kanan adalah Kepala PPKW UNISDA Lamongan (Bapak Ali Shodiqin)

Unisda.ac.id- “Hargailah Waktu, Karena Waktu Tidak Bisa Ditabung Maupun Disimpan”, “Bukan darimana kita akan memulai usaha, tapi pertanyakanlah mau kemana akan kita bawa usaha kita” dan “Jangan Pernah Menua Tanpa Karya dan inspirasi” beberapa motivasi/kata-kata bijak Sulthan Alfathir direktur CV. Polita Nusantara sekaligus wirausaha muda sukses ketika menjadi pembicara di sekolah Inspiratif unisda lamongan, sekolah  kewirausahaan tahap pertama yang diadakan PPKW unisda lamongan ini (16/08).

Tepat Pukul 08.45 pagi, sekolah kewrirausahaan Universitas Islam Darul `Ulum (Unisda) Lamongan dibuka oleh pembawa acara, dan resmi dibuka oleh Rektor Unisda Lamongan    Dr. H. M. Afif Hasbullah, S.H. tepat setelah sambutan yang telah disampaikan oleh Bapak Rektor. Pembacaan ayat suci Al Qur`an dilansungkan setelah acara dibuka oleh pembawa acara dan berlansung dengan khidmat, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sutardi, S.S., M.Pd.

“Sekolah kewirausahaan ini bertujuan untuk memberi fasilitas dan pendampingan pembuatan bisnisplan (rencana bisnis) hingga dihasilkan produk nyata dari peserta sekolah kewirausahaan yang akan dilakukan secara berkelanjutan kedepannya, serta menjadi Wirausaha Muda UNISDA Lamongan yang Sukses”, ujar Dr. Sutardi (Wakil Rektor Unisda Bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Mengawali dengan salam yang penuh semangat di sekolah Inspiratif UNISDA Lamongan, Rektor Unisda Lamongan Bapak Dr. H. Afif Hasbullah, S.H. menjelaskan bahwa “Penanaman Jiwa Wirausaha Sejak Dini merupakan Sunnah Nabi, Nabi Muhammad SAW, karena jiwa wirausaha Rasul (Nabi Muhammad SAW) telah tampak ketika berusia 12 tahun ketika pergi ke Syiria berdagang bersama pamannya (Abu Thalib). “kedepan, peserta sekolah kewirausahaan unisda ini diharapakan dapat mencetak wirausaha muda yang sukses dan memiliki etika berbisnis secara islam”, ujar Bapak Rektor UNISDA.

SONY DSC

Sekolah Kewirausahaan

Menjadi wirausaha muda yang sukses tidaklah sulit, kita hanya perlu memenuhi dua syarat dan beberapa tips untuk suskses berwirausaha. Syarat yang pertama adalah kita harus memiliki polapikir (mindset) untuk dapat mengolah/mengubah masalah menjadi suatu peluang. Syarat yang kedua, yakni kita harus memiliki orientasi yang berkelanjutan terhadap usaha kita.

Beberapa tips sukses untuk menjadi wirausaha muda adalah (1) kita harus memiliki Tujuan dan Impian terhadap apa yang kita usahakan, (2) lebih Realistis terhadap peluang untung dan rugi  terhadap usaha kita, menyendirikan anatara uang pribadi dengan uang usaha, (3) dalam membangun usaha, kita harus mempunyai Partner/teman/mitra dalam mendirikan usaha (Nb. Yang juga memiliki tujuan yang sama, dengan keahlian yang berbeda dari kita) untuk saling suport dan memotivasi, (4) memperbudak diri sendiri, di awal kita memulai wirausaha tentu kita tidak bisa untuk terlalu bergantung dengan orang lain, karenanya kita harus mampu untuk memperbudak diri kita sendiri, (5) menghargai waktu, dalam aktivitas sehari-hari kita, kita harus membuat jadwal dan meluangkan waktu khusus untuk mengembangkan/memikirkan orientasi kedepan wirausaha kita.

“Juallah kelebihannya, bukan harganya” ujar mas Sultan, ketika menyampaikan bagaimana kita dalam mengawali wirausaha kita agar sukses. Ketika kita berpikir mengenai berwirausaha, tentu kita akan timbul pertanyaan dibenak kita, bagaimana kita dapat memunculkan ide?

Bagaimana kita memunculkan ide adalah dengan kita berempati/peduli terhadap segala hal (Problem) baik yang kita alami, terutama orang lain, kemudian harus kita pikirkan solusi dan tingkat kemampuan, yang bisa kami lakukan. Gabungkan solusi dan kemampuan, dan tentukan target pasar wirausaha kita dengan mendapatkan data pasar dengan observasi. Terakhir, kita harus mempunyai upaya untuk selalu menyempuranakan produk kita.

“Setelah kita mampu untuk mengubah pola pikir (mindset) menjadi enterpreneur, kita sebelumnya harus mengupayakan diri kita untuk mampu membuat Business Plan (Perencanaan Bisnis yang matang) dalam bentuk tulisan” ujar Bapak Ali Shodikin, Dosen FKIP UNISDA Lamongan. Rencana Bisnis yang baik, merupakan tulisan perencanaan bisnis yang singkat dan padat, terorganisir rapi dengan penampilan menarik, berisi rencana bisnis yang menjanjikan, hindari untuk melebihkan proyeksi peluang keuntungan secara berlebihan (apalagi peluang rugi), buatlah tim terpercaya dan efektif, fokus pada penjelasan rencana bisnis, munculkan (ceritakan) target pasar secara realistis dan spesifik.

Tahap pertama sekolah inspiratif UNISDA, sekolah kewirausahaan ini, selesai dengan penandatanganan kerja sama dengan pihak Owner Polita Nusantara untuk tahapan-tahapan selanjutnya (MH. Humas Unisda Lamongan).




Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.