Sejarah Singkat

Sejarah dan Latar Belakang UNISDA

     Secara hakiki Unisda memiliki sejarah yang panjang namun  waktu yang pendek. Hal itu tidak lain adalah bahwa pemikiran berdirinya perguruan tinggi ini sudah ada semenjak hidupnya almarhum almaghfurlah KH. Soefyan Abd. Wahab. Saat itu beliau sebagai ulama pesantren yang berfikir progresif dan punya kepedulian terhadap pendidikan rakyat miskin, bersama saya mulai punya gagasan untuk membuat pendidikan tinggi. Pemikiran ini kira-kira sudah ada sejak akhir tahun tujuh puluhan.

     Beliau sebagai ulama pesantren yang progresif dan punya kepedulian tinggi terhadap pendidikan, saat itu mempunyai keinginan mendirikan pendidikan tingi, gagasan itu mulai mengalir dari pemikiran beliau pada tahun tujuh puluhan, tetapi sebelum gagasan itu terealisasi pada thn 1983 beliau dipanggil kehadirat Allah SWT, 3 tahun setelah itu sebagai terjemahhan dari ide yang dimaksud dirintislah oleh menantunya : Masykuri Shodiq BA ( Alm )

     Adapun sejarah berdirinya  adalah merupakan penerusan dari kelompok studi mahasiswa Undar Jombang yang bertempat di Pondok Pesantren Matholi`ul Anwar Simo Karanggeneng. Kelompok Studi dimaksud adalah pada tahun 1985, semenjak tahun inilah gagasan perguruan tinggi tersebut telah diterjemahkan ke dalam bentuk yang kurang lebih mendekati pada kenyataan sebagai lembaga perguruan tinggi sebagaimana dimaksud oleh Founding Father Pondok Pesantren Matholi`ul Anwar.

      Kelompok belajar Undar Jombang di Pesantren tersebut ternyata mendapat respon positif dari masyarkat sekitar Lamongan. Dorongan dari ulama dan masyarkat tersebut kami respon dengan memulai pengurusannya pada tahun 1987. Secara formal institusional UNISDA berdiri adalah pada tahun 1990, tonggak tahun 1990 inilah UNISDA memulai perencanaan masa depannya.  Pendirian PTS ini inspirasinya tidak sama dengan Untag, IKIP PGRI, Stesia atau Unitomo, namun PTS ini inspiratornya adalah ulama dengan nilai-nilai dasar islam yang kental.

Berdirinya sebuah perguruan tinggi ini diawali dengan didirikannya  YAYASAN UNIVERSITAS ISLAM DARUL `ULUM pada tanggal 12 November 1986 dan mengawali dengan dibentuknya kelompok belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNDAR Jombang Program studi PLS ( pendidikan Luar Sekolah ) dan PBB (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan) di PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR pada tahun 1985. Semenjak itulah gagasan didirikannya sebuah perguruan tinggi di pondok pesantren Matholi’ul Anwar mendekati kenyataan.

Copyright © 2016 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. All Right Reserved.